Korean Table setting


Sudah Pernah mencoba mengunjungi restoran Korea? Atau Anda sedang akan menjamu tamu Korea di rumah? Ada baiknya anda mempelajari bagaimana tata-letak-meja a la Korea. Bahkan untuk hanya sekedar menambah pengetahuan, tak ada salahnya anda mengetahui bagaimana cara orang Korea menata meja makan mereka.
Saya pernah melihat sebuah iklan visit korea di Majalah KOREA saat sedang berkunjung ke Pusat Studi Korea Universitas saya. Saya tergolong orang yang sangat-amat-teramat-jarang mengunjungi perpustakaan atau tempat yang banyak berisi buku. Tapi saya yang-amat-tertarik-dengan-periklanan selalu suka dengan cara desain orang Korea. Di sampul belakang majalah tersebut 6/8 bagiannya hanya bergambar meja besar namun penuh makanan korea yang berwarna-warni. Lalu 1/8 bagian paling atas dan 1/8 bagian paling bawah masing- masing bergambar wanita yang menghidangkan mangkuk-mangkuk makanan di atas meja tersebut. Teknik pengambilan gambarnya dari atas. Sangat cantik, khas Korea –dengan warna-warni-, dan benar-benar menonjolkan slogan “Korea, Where you can enjoy delicious food but stay Healthy”.
Yup, rata-rata makan Korea terbuat dari Sayur-sayuran dan seafood, walaupun banyak juga yang menggunakan daging babi. Namun, porsi penggunaan sayur lebih terdapat di setiap makanan. Terbukti dengan predikat Kimchi yang baru-baru ini dinobatkan sebagai WORLD”S HEALTHIEST FOOD. Namun, untuk urusan makan, orang Korea pun tidak sembarangan menata mejanya.
Soup dan Stew jika dalam bahasa Indonesia memiliki arti yang sama; Sup. Namun, di Korea 국[guk] dan 찌개[Jjigae] sedikit berbeda. Guk yang berarti sup kuahnya sedikit lebih kental dan saat disajikan tidak terlalu banyak kuah yang dimasukkan dalam mangkuk. Sedangkan Jjigae sdikit lebih berair dan ringan saat dimakan. Adalagi yang disebut 탕 [t(h)ang] yang mirip dengan guk. Apapun jenisnya, ketiga jenis sup-supan ini adalah sajian yang wajib ada selain nasi dan kimchi.
Seperti yang bisa dilihat di gambar, Sup diletakkan di kanan Nasi, dengan mangkuk yang lebih lebar. Ada yang lebar dan tinggi atau ada yang lebar namun tingginya medium. Di kanan mangkuk sup di letakkan sendok dan Sumpit. Letak Sumpit adalah yang paling terluar. Semua makanan di meja selain Sup dan nasi adalah makanan yang dimakan bersama. Dan biarpun orang Korea pergi ke Negara lain mereka masih membawa kebiasaaan ini. Seperti dosen Korea saya yang jika makan bersama di sebuah restoran, dia akan memesankan setiap orang nasi dan lauk masing-masing, namun masih ada lauk yang diletakkan di meja tengah untuk dimakan bersama-sama. Sekalipun itu adalah restoran Indonesia, ataupun lesehan. Tentu ini berbeda dengan kita orang Indonesia yang apabila makan di restoran akan pesan sendiri-sendir dan untuk dimakan sendiri. Untuk Table manner ala Korea akan saya bahas di kemudian hari.
Selanjutnya, beragam lauk akan diletakkan di tengah-tengah meja. Dan saus-saus.an terletak di antara lauk dengan mangkuk nasi (seperti gambar). Walaupun semua lauk dan sayur pelengkap diletakkan di tengah meja, namun peletakannya tetap di atur. Makanan yang berkuah dan bersifat panas terletak di kanan. Sedangkan makan yang tanpa kuah, seperti tumisan dan tidak terlalu panas ada di tengah kiri. Mungkin ini dimaksudkan untuk mempermudah proses makan. Coba anda praktekkan, lebih mudah memakan sup yang terletak di kanan ketimbang sup diletakkan di kiri anda. Begitu pula makan yang berdaging-dagingan. Juga di kanan makan yang berkomposisi sayur. Jika susunannya seperti ini, sudah jelas Kimchi dan asinan sejenisnya terletak tepat di tengah-tengah meja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: